SEJARAH FAKULTAS PERTANIAN

Fakultas Pertanian Universitas Flores dibuka sejak dikeluarkan ijin operasional dari Dirjen Pendidkan Tinggi Nomor : 4143/D/T/2005, tertanggal 29 Desember 2005 dengan Program Studi Pertanian dengan peminatan Agronomi Lahan Kering. Dengan dikeluarkannya ijin Penyelenggaraan Program Studi ini maka Fakultas Pertanian Universitas Flores telah melaksanakan kegiatan Akademik sejak tahun Akademik 2006/2007 tanggal 01 September 2006.

Kuliah perdana dilaksanakan pada tanggal 01 September 2006 dengan peserta yang hadir adalah Mahasiswa/I Fakultas Pertanian angkatan perdana sebanyak 70 orang. Turut hadir dalam kuliah perdana adalah Dekan Fakultas, Pembantu-Pembantu Dekan, Ketua Program Studi Agronomi dengan peminatan Lahan Kering, Para Dosen dan Karyawan Fakultas Pertanian Universitas Flores.Kemudian tanggal 02 September 2006 diselenggarakan kuliah umum dengan tema “Menggerakan dan Membangun Pertanian Lahan Kering Yang Berkelanjutan”yang menghadirkan 4 (empat) pembicara,di antaranya: Prof. Ir I.G. Mas Sri Agung, M. RUr., Sc.Ph.D berbicara tentang pengembangan Pertanian Lahan Kering di Flores; Prof. Dr. Aron Meko Mbete, dari aspek budaya pertanian Lahan Kering di Kab. Ende; Prof. Dr. Ir. Nyoman Sutjipta, M.S. berbicara tentang pengembangan Agribisnis di Flores; dan Ir. Flavianus Senda dengan materi Profil Pertanian Lahan Kering di Kab. Ende.

Lingkup Ilmu Program Pendidkan Serjana Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Flores diarahkan untuk menghasilkan sumber daya manusia bagi pembangunan pertanian guna mengisi tenaga yang mahir, trampil, mandiri, dan peka terhadap perubahan ilmu dan teknologi.Adapun program studi agronomi dengan peminatan lahan kering.

Visi Fakultas Pertanian

Pertanian dan Perladangan dalam arti luas tetap menjadi andalan kehidupan Perekonomian masyarakat NTT dan Flores khususnya pada abad XXI. Dengan tetap mengembangkan Iptek, sumber daya alam dn sumber daya manusia, pendidikan agronomi lahan kering menjadi pilihan utama. Niscaya Visi Fakultas Pertanian Universitas Flores adalah : Indigenitas, Modernitas, dan Keberlanjutan.

Misi Fakultas Pertanian

Berdasar Visi tersebut di atas, maka Fakultas Pertanian Universitas Flores mengemban Misi berikut ini :

  1. Menjadi Fakultas Pertanian Universitas Flores yang mampu mengembangkan agronomi lahan kering modern dengan tetap berakar dan berbasis sumberdaya hayati lingkungannya beserta potensi kebudayaan pertanian lokal.
  2. Mengembangkan Fakultas pertanian Universitas Flores sebagai lembaga keilmuan yang peka, peduli, dan bertanggung jawab secara akademis terhadap keanekaragaman sumberdaya hayati permaslahan ekologi pertanian dan perladangan umumnya.
  3. Mewujudkan Fakultas Pertanian Universitas Flores sebagai Lembaga Pendidikan tinggi yang mampu mengemban secara terpadu dan berimbang darma pendidikan, darma penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan.

Tujuan Fakultas Pertanian

Sesuai dengan Visi dan Misi di atas Fakultas Pertanian Universitas Flores memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Mendidik calon sarjana pertanian yang menguasai IPTEK di bidang agronomi lahan kering agar secara mandiri mampu membudidayakan keanekaragaman hayati yang potensial di lingkunganya.
  2. 2Mendidik Sarjana Pertanian lahan kering yang peka, menyatu dan peduli dengan aneka persoalan yang berkaitan dengan keberagaman sumber daya hayati di lingkungannya dan dengan kompetensi keilmuan dan teknologinya mampu menemukan alternatif – alternatif solusinya.
  3. Mendidik calon sarjana pertanian yang mandiri, unggul, terampil, dan mampu mengembangkan penelitian dan pengabdian secara serasi dan berimbang.
  4. Mengembangkan kompetensi penelitian agronomi lahan kering demi kemajuan ilmu agronomi lahan kering, petanian umumnya, dan masyarakat.
  5. Mengembangkan pusat-pusat penelitian, dan pemberdayaan keanekaragaman sumber daya hayati, serta keanekaragaman budaya pertanian lahan kering.

 

By LEMBAGA PENELITIAN UNIFLOR

2 comments on “SEJARAH FAKULTAS PERTANIAN

Tinggalkan komentar