LEMLIT UNIFLOR SELENGGARAKAN PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH NASIONAL

Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional Bersama Tim Pakar DP2M DIrjen DIKTI

Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional Bersama Tim Pakar DP2M DIrjen DIKTI

Universitas Flores merupakan salah satu dari 40

perguruan tinggi di Indonesia  yang diberi kesempatan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Dirjen Dikti untuk menyelenggarakan pelatihan penulisan artiel ilmiah nasional. Kegiatan yang dilaksanakan pada senin, 03 desember 2012 dan diikuti oleh 50 peserta di buka secara resmi oleh Rektor Universitas Flores, Prof. Dr. Stephanus Djawanai, MA. PhD yang di wakili Pembantu Rektor I Bidang Akademik Dr. Natsir Koten, M.Pd.

Dalam sambutannya, Rektor universitas Flores menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting dan berguna bagi perkembangan lembaga pendidikan tinggi universitas flores khususnya. Sebagai magnet dari timur para peneliti/penulis dari Universitas flores di harapkan dapat memberi manfaat bagi pembangunan masyarakat flores khususnya maupun Indonesia pada umunya.

Kurang lebih hampir 14 tahun telah ada 65 judul hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti/dosen. Namun baru sebagian kecil yang artikelnya terpublikasi dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi berskala nasional ataupun internasional. Sedangkan sebagian besarnya masih menjadi konsumsi internal dan kalaupun terpublikasi namun masih dalam jurnal ilmiajh lokal yang belum terakreditasi. Sehingga kegiatan ini diharapkan memacu para penulis/peneliti agar dapat mempublikasi karya-karya ilmiahnya.

Lebih lanjut, Beliau menegaskan bahwa sebuah karya tulis ilmiah yang dipublikasi pada jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional/internasional selain b

erpengaruh terhadap individu si penulis itu sendiri juga berpengaruh pada lembaga pendidikan tinggi dan  pada akhirnya akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap sebuah perguruan tinggi.

Sesuai dengan motto “ Uniflor menjadi magnet dari Timur” rasanya sangat tepat kalau kegiatan ini menjadi daya tarik bagi peserta pelatihan agar kedepannya dapat menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermutu dan muaranya akan memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat flores khususnya dan Indoensia umunya.

Kepala Lemlit Uniflor, Reyna Virginia Nona, SE, M.M.A melaporkan kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah nasional

Sementara itu Kepala Lembaga Penelitian Universitas Flores, Reyna Virginia Nona, SE, M.M.A menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bantuan stimulus DP2M Dirjen Dikti. Sehingga dengan kerja sama ini Uniflor di beri kepercayaan sebagai penyelenggara. Tujuan Kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk dosen Universitas Flores adalah: Memberikan pengetahuan bagi para peneliti / dosen yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal ilmiah; Mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah bagi para peneliti / dosen; Mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para peneliti / dosen.; Agar hasil-hasil penelitian dosen baik yang dibiayai Yayasan Perguruan Tinggi Flores maupun yang didanai pihak sponsor dapat dibuat menjadi Artikel Ilmiah. ; Agar Artikel Ilmiah yang telah disusun berdasarkan hasil penelitian dapat dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah terakreditasi baik nasional, regional maupun internasional.; Menjadikan kegiatan pelatihan ini sebagai suatu sarana bagi para dosen agar melakukan tugasnya melaksanakan penelitian dan mempublikasikannya pada jurnal ilmiah.; Menjadikan kegiatan ini sebagai sarana bagi para dosen untuk menyampaikan ide / pemikiran / gagasannya secara tertulis dan sistematis.

Dr. A. Latif Wiyata ketika Membawakan Materi Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional

Dr. A. Latif Wiyata ketika Membawakan Materi Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional

Sedangkan sebagai Tim Pakarnya adalah  Dr. A. Latif Wiyata dan I Gede Agus Widyadana, ST, M.Eng yang merupakan  Tim Pakar dari Dirjen Dikti. Yang membawakan dan memfasilitasi materi-materi terkait dengan penulisan artikel ilmiah nasional.

By LEMBAGA PENELITIAN UNIFLOR

Tinggalkan komentar