PROFIL LEMLIT

PROFIL LEMBAGA PENELITIAN
UNIVERSITAS FLORES

Latar Belakang
Pada pidato pelantikannya sebagai Rektor Universitas Flores pada tanggal 20 Januari 2012, Prof. Stephanus Djawanai, P.hD, menyatakan visinya untuk menjadikan Universitas Flores sebagai magnet bagi masyarakat di daratan Flores dan Lembata khususnya. Ini berarti bahwa Universitas Flores berorientasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat berdasarkan filosofi yang diletakkan oleh pendiri Universitas Flores bahwa “kita tidak boleh ketinggalan dalam pendidikan”sekaligus “mencerdaskan kehidupan bangsa” sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Visi Universitas Flores sebagai magnet, dengan demikian, beroperasi sebagai buffer energy bagi penciptaan keunggulan kompetitif Universitas Flores sekaligus keunggulan komparatifnya yang dalam prosesnya akan melahirkan institution image yang positif, baik di mata masyarakat maupun di mata target market. Praktisnya, visi tersebut dijadikan sebagai guiding motivation bagi program dan kegiatan yang akan dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Flores (LP-Uniflor) periode 2012-2016.
Lembaga Penelitian Universitas Flores merupakan lembaga strategis guna menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif melalui peningkatan hasil penelitian dan kepeloporan, baik dari sisi kualitas maupun dari sisi kuantitas, baik bagi Universitas Flores maupun bagi kepentingan masyarakat dan bangsa. Peningkatan hasil penelitian dan kepeloporan ini secara simultan akan menjadikan Lembaga Penelitian Universitas Flores sebagai lembaga yang memiliki kapasitas untuk menemukan dan menyiapkan solusi kreatif bagi percepatan pembangunan sekaligus menjadikan Lembaga Penelitian Universitas Flores sebagai arena bagi civitas akademika Universitas Flores untuk mensosialisasikan gagasannya demi perubahan, demi keluhuran pengetahuan itu sendiri, dan demi institution image yang positif.

Visi Dan Misi
1. Visi
Membangun tradisi penelitian dan kepeloporan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat dan bangsa serta bertujuan untuk mewujudkan Universitas Flores yang bermutu.
2. Misi
a. Mendukung program Universitas Flores terutama yang terkait dengan bidang penelitian sebagai bentuk implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.
b. Merangsang para dosen dan mahasiswa untuk menerapkan iptek dan seni yang diperolehnya/dimilikinya dalam kegiatan penelitan.
c. Mendorong para dosen dan mahasiswa untuk menerapkan hasil penelitiannya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dapat digunakan sebagai bahan dalam menyiapkan strategi dan mekanisme pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah dan pihak terkait.
d. Menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kreatif, terpadu dan terarah yang diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam menyusun konsep strategi pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah dan pihak yang terkait.
e. Bersinergi dengan lembaga-lembaga, baik pemerintah maupun swasta, dalam menggali dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat proses pembangunan.
f. Mewujudkan dan menciptakan kemandirian Lembaga Penelitian Universitas Flores melalui self funding dan net working sebagai sumber dinamisasi lembaga.

Sekilas tentang Lembaga Penelitian Universitas Flores
Secara historis, Lembaga Penelitian Universitas Flores (LP-Uniflor) telah berdiri sejak didirikannya Universitas Flores pada tahun 1980. Secara struktural, posisi LP-Uniflor berada di bawah koordinasi Pembantu Rektor I Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Oleh karena itu, dalam melaksanakan kegiatannya LP-Uniflor berkonsultasi dan melaporkan hasil penelitian ke Pembantu Rektor I Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Tugas LP-Uniflor adalah memfasilitasi, melakukan penelitian, dan menggalang kerjasama penelitian serta terus melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan melaksanakan penelitian multi-disiplin dan atau penelitian kolaboratif.
Sepanjang sejarahnya, LP-Uniflor pernah dipimpin oleh: (1) Cristiana Srimurni, SH (2002-2005); (2) Drs. Antonius Randu, M.Pd (2005-2006); (3) Drs. Kanisius Rambut, M.Hum (2006-2008); (4) Gabriel Tanusi, SE, M.Si (2008-2010); (5) Drs. Elias Beda M.Pd (2010-2012); dan (6) Umar Ibnu Alkhatab, SS, M.Si (2012) dan (7) Reyna Virginia Nona, SE.M.MA (2012 -sekarang)

Tugas Lembaga Penelitian
• Merencanakan dan mengarahkan program penelitian yang bermanfaat bagi universitas, pemerintah, dan masyarakat;
• Meningkatkan mutu penelitian secara berkelanjutan;
• Mengembangkan kapasitas lembaga sebagai pusat informasi penelitian;
• Melaksanakan penilaian proposal peneltian dalam rangka meningkatkan relevansi, dan akuntabilitas penelitian;
• Menggalang kemitraan melalui kerjasama penelitian dengan semua pihak yang berkepentingan;

Rencana Pencapaian
• Menyusun kalender tahunan aktivitas LP-Uniflor yang berisi informasi permintaan penyusunan proposal, waktu persiapan penyusunan proposal dan batas akhir pemasukan proposal, dan lain-lain.
• Secara periodik melaksanakan pelatihan penyusunan proposal penelitian yang sumber dananya berasal dari Universitas Flores maupun sumber lainnya yang tidak mengikat.
• Mengembangkan sistim dokumentasi dan informasi untuk mempercepat dan memperkaya informasi bagi para dosen dan mahasiswa yang melakukan kegiatan penelitian.
• Memantapkan jejaring kerjasama dengan universitas lain, dunia usaha, instansi pemerintah dan swasta
• Melakukan penjajagan kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional.
• Memanfaatkan potensi Universitas Flores secara sinergis melalui kerjasama dengan pihak luar dalam rangka penggalangan anggaran untuk kegiatan penelitian.

Strategi
• Memfasilitasi pemerintah daerah untuk mempercepat proses pemberdayaan masyarakat, dalam berbagai bidang, antara lain bidang pendidikan, social, pertanian, dan ekonomi masyarakat, sebagai wujud nyata kemitraaan dalam kerangka pemberdayaan masyarakat antara Universitas Flores dan pemerintah daerah;
• Memperkuat basis data di LP-Uniflor sebagai sumber data utama dalam penyusunan rencana program penelitian oleh dosen dan mahasiswa;
• Membentuk jaringan kerja dengan pola kerjasama setara yang terpokus pada upaya penguatan antar lembaga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan komentar