Sampingan

LAPORAN KEPALA LEMBAGA PENELITIAN SELAMA 1 TAHUN

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena kepemimpinan Rektor Prof.Dr.Stephanus Djawanai,MA.,PhD telah mencapai umur 1 tahun, dan kepercayaan Lembaga Uniflor untuk kami sebagai Kepala Lembaga telah mencapai usia 6 bulan. Memang usia kepemimpinan ini masih sangat muda, namun setidaknya laporan kegiatan kami selama kurun waktu ini bisa dijadikan acuan kerja bagi kami di masa depan.

Laporan ini disusun dengan tujuan untuk menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan untuk mengevaluasi kegiatan  yang telah kami lakukan dan bagi kami laporan ini merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban atas tugas yang dipercayakan oleh Lembaga Yapertif dan Uniflor kepada kami sekaligus menjadi catatan bagi kami dalam menyusun rencana kerja kedepannya.

Kegiatan  yang telah dilakukan adalah:

  1. Kegiatan kerjasama dengan Pemda Ende dalam bidang penelitian,  Penelitian di tahun 2012 sebanyak 2 penelitian yang didanai oleh Pemda Ende, dengan total dana 100 juta rupiah.(Hasil Penelitian disimpan di LP)
  2. Kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional, merupakan kegiatan LP yang didanai oleh dana stimulus DP2M Tahun 2012, setelah proposal dari LP diterima dan lulus seleksi. Kegiatan ini juga mendapatkan subsidi dana dari Yapertif. (Laporan kegiatan terlampir).
  3. Mengarsipkan dan mengelompokkan Laporan Penelitian per Prodi /Fakultas dan Lintas Bidang Ilmu secara baik.

Periode tahun 2012, kami lebih fokus dalam penyusunan dokumen yang mana sebelumnya dokumen – dokumen ini  belum ada dan melakukan revisi atas Buku Pedoman Penelitian yang ada agar relevan dengan berbagai peraturan akademik yang baru disusun di tingkat Universitas, sebagai hasil dari pelatihan SPMI dan AMI.

 

Dokumen yang telah dihasilkan adalah:

  1. Prosedur Pengajuan Proposal Penelitian Internal
  2. Prosedur pengajuan Proposal Penelitian Eksternal
  3. Prosedur pengajuan Pencairan Dana Penelitian Internal
  4. Prosedur Pengajuan Pencairan Dana Eksternal
  5. Prosedur Pengurusan Ijin Penelitian
  6. Model Kontrak Penelitian untuk penelitian internal (Sumber dana Yapertif)
  7. Buku Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian dan Laporan Hasil Penelitian
  8. Rekapan Laporan Penelitian Dosen per Prodi / Fakultas /Tahun (1998-2012)

 

 

Kegagalan :

  1. Banyak proposal penelitian dosen yang telah direvisi sesuai sistematika dalam Buku  Pedoman Penulisan bagi Penyususnan Propsal Penelitian, namun tidak ada satu pun yang berhasil didanai oleh Yayasan. Untuk itu ke depannya kami akan berupaya agar dalam 1 semester ada satu proposal dari tiap Fakultas yang berhasil didanai oleh Yayasan sebagai stimulus bagi para dosen dalam rangka menjalankan tugasnya melakukan penelitian.
  2. Ada sejumlah proposal penelitian dosen baik secara pribadi maupun berkelompok yang sampai saat ini belum dikirim ke Universitas karena pada semster yang lalu belum ada satu pun proposal yang ditanggapi untuk didanai.

Adapun rencana kerja tahun 2013 adalah:

  1. Terealisasinya kerjasama penelitian dengan BKPMD Kabupaten Ende untuk melakukan penelitian tentang komoditi unggulan di Kabupaten Ende . Teknis kegiatan ini akan dilakukan mulai bulan Maret 2012 sampai Juni 2012.
  2. Mendatangkan narasumber dikti yang ada di beberapa PTN dan PTS yang telah tersertifikasi untuk memberikan pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi seluruh dosen Uniflor dan Pelatihan Metodologi Penelitian bagi dosen muda.
  3. Menjual proposal ke beberapa Pemda di Flores sebagai wujud tanggung jawab Uniflor sebagai PTS di daerah dalam rangka berpartisipasi dan menjadi mitra bagi pemerintah daerah dalam membangun daerah.
  4. Mendukung para peneliti agar mempublikasikan hasil penelitiannya ke jurnal ilmiah terakreditasi nasional maupun internasional. (tertuang dalam beberapa prosedur mutu).

Demikian laporan kegiatan ini disusun. Kami berharap laporan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi bapak dalam menetapkan dan merencanakan pengembangan Uniflor ke depan khususnya dalam bidang penelitian.

Sekian dan terima kasih

 

                                                                                           Kepala Lembaga Penelitian

                                                                                              Universitas Flores

 

 

                                                                                             Reyna Virginia Nona, SE.,M.M.A

By LEMBAGA PENELITIAN UNIFLOR

Tinggalkan komentar